Jelajah Pulau Rinca yang Indah

Pulau Rinca ini merupakan salah satu pulau yang dihuni oleh sang naga Komodo, yang mana pulau tersebu berada di bagian barat Pulau Flores dan juga masih masuk ke dalam kecamatan Komodo, tepatnya di kabupaten Manggarai Barat.

Jika dilihat secara geografis, Pulau Rinca ini juga menjadi salah satu pulau yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Hanya berjarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Labuan Bajo, pulau tersebut ramai sekali didatangi para wisatawan yang akan melihat habitat dari kadal raksasa pruba yang hingga kini masih tersisa di dunia.

Setelah Anda puas menikmati keindhan Pulau Bidadari, Anda bisa datang ke dermaga Pulau Rinca tetapi terlebih dulu Anda harus mengisi daftar hadir dan juga membayar sebesar Rp 15.000,00 untuk ijin menggunakan kamera di area pulau tersebut, sementara itu untuk tiket masuknya sudah ada di dalam harga paket pelayaran ini.

Perjalanan ke Pulau Rinca

Perjalanan Anda nantinya akan ditemani oleh 2 orang ranger. 1 ranger berjalan paling depan dan 1 lagi ada dipaling belakang. Yang mana di sepanjang rute trekking ini akan ada banyak sekali sign yang menagjurkan Anda tidak terpisah dari rombongan. Sebab akan sangat berbahaya sekali bila Anda terpisah dari rombongan yang tidak ada ranger.

Apabila Anda datang pada saat sore hari, maka perjalanan Anda pun akan disarankan untuk mengambil rute yang pendek saja, dan Anda bisa memiliki trek dalam hutan, alasan ini diambil sebab dengan trek hutan tersebut, kemungkinan untuk bertemu dengan habitat komodo jauh lebih banyak bila dibandingkan bila Anda harus melewati trek savanna.

Trek hutan ini Anda juga akan melewati sarang komodo yang lagi bertelur. Akan tetapi pemandangan trek savanna menurut kami juga cukup bagus. Pemandangan hamparan padang-padang rumput yang berhiaskan beberapa pepohonan lontar serasa membawa Anda ke masa-masa jurassic park.

Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, hanya sekitar 1 jam 30 menit saja Anda sudah bisa kembali ke titik awal perjalanan. Di sepanjang perjalanan Anda akan menjumpai beberapa rusa dan juga jejak kerbau serta babi. Semua binatang yang ada di Pulau Rinca ini memang dibiarkan hidup bebas.

Nah, itulah tadi sekilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang jelajah Pulau Rinca yang indah. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *