Eksotisme Pulau Kalong dengan Ribuan Kalong Liar

Posted on

Masih bingung menentukan tujuan wisata Anda di akhir pekan mendapat? Tidak ada salahnya lho jika Anda mencoba untuk mengunjungi Pulau Kalong yang satu ini. Bisa kami pastikan, pada saat Anda datang berkunjung ke Pulau Kalong tersebut, Anda nantinya akan dapat merasakan sensasi liburan yang berbeda dari biasanya, yang pastinya tidak akan pernah Anda temukan di tempat wisata yang lain pada umumnya.

Perlu Anda tahu bahwasannya Pulau kalong atau yang sering sekali disebut-sebut juga dengan Pulau Glatik ini berada di sebuah desa Jepitu, tepatnya di kecamatan Girisubo. Di sebut dengan Pulau Kalong sebab memang menurut warga lokal, pulau satu ini dulunya dihuni oleh ribuan kalong.

Baca Juga:   Gili Lawa : Pintu Gerbang Menuju ke Taman Nasional Komodo

Selain hal tersebut, sebagian pulau tersebut juga runtuh dikarenakan abrasi, sehinga hal tersebut menjadikan banyak kalong yang ada di Pulau Kalong ini yang mati dan sebagian lagi pergi mencari habitat baru.

wisata pulau kalong

Hal menarik di Pulau Kalong

Khususnya bagi warga lokal yang bertempat tinggal di Pulau Kalong ini, pulau tersebut adalah tempat untuk mencari lobster dengan cara memasangkan rendet. Warga setempat biasanya akan menggunakan gondola untuk menyeberang ke Pulau Kalong satu ini.

Selain dijadikan sebagai tempat untuk mencari lobster, ternyata Pulau Kalong tersebut juga merupkan surga bagi para pemancing dari luar kota, sebab memang tempatnya yang sudah ada di tengah lautan.

Baca Juga:   Air Terjun Cunca Wulang, Destinasi di Flores Seperti di Eropa

Pada sat musin penghujan tiba seperti sekarang ini, umumnya akan ada banyak pemancing yang datang berkunjung ke tempat satu ini dengan bantuan pemandu warga lokal. Warga lokal Pulau Kalong yang jadi pemandu serta pembawa barang para pemancing sangat senang sekali sebab mendapatkan tambahan penghasilan selaindari bertan sebagai salah satu kegiatan mereha sehari-hari.

Untuk bisa mencapai Pulau Kalong ini Anda diharuskan berjalan kira-kira 30 menit dari tempat parkir kendaraan di objek wisata pantai wediombo. Menelusuri jalanan setapak dan juga bebatuan menjadi keasyikan tersendiri untuk bisa sampai ke tepi pantai di depan lokasi Pulau Kalong.

Baca Juga:   Cara Menuju Sawah Jaring Laba-Laba : Spiderweb Cancar

Bagi para pemancing yang ingin menyeberang ke Pulau Kalong ini harus memesan ke warga setempat yang memasang gondola penyeberangan, sebab mereka tidak setiap hari berjaga di bagian depan Pulau Kalong.

Nah, itulah tadi sekilas informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda tentang eksotisme Pulau Kalong dengan ribuan kalong liar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *