Air Terjun Cunca Wulang, Destinasi di Flores Seperti di Eropa

Ibaratnya binatang, Flores juga bisa dikatakan seperti bunglon yang pantai sekali mimikri. Bagaimana tidak, pulau yang berada di Nusa Tenggar Timur ini mempunyai lanskap alam yang mirip sekali dengan beberapa tempat di dunia. Padang savananya yang mirip sekali dengan daratan di Afrika, sedangkan sungai dan juga bebatuannya mirip sekali dengan Taman Nasional yang ada di Eropa. Tak percaya? Coba Anda lihat air terjun cunca wulang ini.

Perjalanan ke air terjun cunca wulang

Ada diantara Labuan Bajo dan juga Ruteng atau lebih tepatnya di sebuah desa Wersawe, Nusa Tenggara Timur, tempatnya ada di pegunungan, oleh karenanya Anda yang memiliki keinginan ke sana ada baiknya menyewa motor agar lebh gesit untuk melewati rute yang cukup sempit dan terjal.

Anda yang datang ke tempat ini nantinya akan dihadapkan pada kondisi jalanan pada area perkampungan yang rusak parah, sedangkan untuk rute jalanan yang dilewati juga tidak kalah ekstrimnya dengan dipenuhi oleh tanjakan, turunan, dan juga tikungan yang cukup tajam. Jalanan rusak ini setidaknya bakal Anda temukan di sepanjang 4 km sebelum sampai di gerbang utama masuk ke destinasi tersebut.

Dari situlah Anda masih harus lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dan ditemani oleh pamandu. Pemandu ini nantinya akan bertugas sebagai petunjuk arah pada sat Anda melakukan trekking keluar masuk hutan dengan melewati jalanan setapak yang medannya cukup menguras tenaga Anda. Jad, tentunya Anda harus memiliki stamina yang bagus dan juga membawa perbekalan yang cukup. Tak lupa juga sesuaikan pakaian yang Anda, jangan sampai trekking menggunakan pakaian seperti mau ke mall.

Di sepanjang jalan Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dari pemandu yang setia berbagi pengalaman dan sekaligus menjelaskan apa-apa yang ada disekitar rute trekking. Anda nantinya juga akan melewati perkebunan warga yang biasanaya pada kebun tersebut ditanam tanaman vanilla dan juga cokelat. Setelah berjalan kurang dari 45 menit, baru Anda tiba di lokasi. Penat selama perjalanan dapat segera terobati dengan bermain air di air terjun cunca wulang. Tapi, untuk dapat melihat air terjunnya, Anda harus mendaki sedikit lagi kurang lebih selama 10 menit.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang destinasi wisata air terjun cunca wulang. Semoga saja bisa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *